Selasa, 02 Juli 2013

Batik dan Tenun Memberi Warna Peragaan Busana Muslim 2013

Kain tradisional kini banyak memberi warna di panggung busana muslim. Menjelang hadirnya Ramadhan, kain tradisional seperti batik, tenun ikat dan songket semakin fleksibel diolah menjadi busana yang memukau.

Female Kompas hari ini (2/7) mereview ajang Jakarta Islamic Fashion Week 2013. Dua inspirasi busana muslim dari kain tradisional dihadirkan oleh Sonny Muchlison dan Samuel Wattimena.

"Semua busana yang saya hadirkan ini terinspirasi pada keeleganan tokoh muslimah Indonesia di masa lalu dengan gaya berkerudung mereka. Saya juga ingin mengenang zaman-zaman Ibu Fatmawati Soekarno yang menggunakan kerudung putih," jelas Sonny yang mengusung tema It's Good to Remember.

Sonny menampilkan 24 koleksi busana kebaya kutu baru, kebaya Kartini, dan baju kurung yang dimodifikasi menjadi blazer dengan jahitan yang clean dan neat. Sebagian koleksi dipadukan dengan rok dan celana panjang, selebihnya dipadukan dengan sarung tradisional dari berbagai wilayah Indonesia. Sebagian besar kain yang diolah Sonny adalah songket Aceh.

Untuk busana pria, Sonny terinspirasi dari busana muslim yang terdiri atas kemeja, semi jaket, dan jaket dengan model kerah Nehru. Semua ini terlihat selaras saat dipadukan bersama celana panjang dan sarung dari kain tapis.

Sementara Samuel Wattimena menunjukkan konsennya dalam karya yang bertema Faith, Hope, and Love dalam busana pria sebanyak 40 koleksi. Samuel memberi kesan busana yang lebih eklektik dengan garis vertikal percampuran motif sehingga terkesan lebih maskulin. Busana yang dihadirkannya lebih didominasi gaya androgini seperti semi jaket, coat, kemeja, dan kaus. Beberapa model busananya diberi aplikasi potongan kain tradisional dan juga sulaman.

Tak cuma itu, pria ini juga membuat baju dengan kain-kain songket, tenun, dan juga batik.  "Saya tidak menggunakan banyak aplikasi batu atau detail lainnya. Karena saya ingin menonjolkan dan memberi ruang pada kain tradisional agar terlihat lebih menonjol dibanding detail lainnya. Lagipula, kain-kain ini sudah indah kok," puji pria yang akrab disapa Sammy ini.
Previous Post
Next Post

0 komentar: