Rabu, 15 April 2015

Mengulas Situs-situs Penyedia Daftar Toko Online Terpercaya. Mau Tau?


Hadirnya situs-situs yang menyediakan daftar toko online  terpercaya dimaksudkan untuk memberi informasi bagi pembeli online. Ada yang memberi jaminan ada yang sekadar memberi informasi tanpa garansi. Apa saja situsnya?

Berkembangnya bisnis online tidak hanya membawa sisi positif namun juga negatif. Pembeli online dimudahkan mendapatkan produk yang diinginkan melalui pembelian online. Banyak pilihan produk, harga terjangkau dan tidak repot. Di sisi lain pembeli juga dibuat khawatir dengan maraknya kasus penipuan online.

Lazimnya, toko online menerapkan sistim pembayaran dahulu sebelum pengiriman barang. Celah itulah yang dimanfaatkan penipu untuk mengeruk keuntungan tanpa memperdulikan kerugian pihak lain. Pembeli rugi karena kehilangan uang, penjual yang jujur pun rugi karena keraguan pasar terhadap pembelian online.

Guna mencegah maraknya penipuan online, hadir situs-situs yang mengulas toko online. Mereka melakukan verifikasi dengan kriteria yang telah mereka tentukan. Diharapkan, ulasan itu petunjuk bagi pembeli untuk mendapatkan toko atau penjual yang terpercaya. Apa saja situs pengulas toko online? Berikut diantara situs pengulas toko online, profil dan badge nya.

idEA
Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA – Indonesian E-Commerce Association) merupakan asosiasi resmi yang mewadahi pelaku industri E-Commerce Indonesia. idEA resmi didirikan pada bulan Mei 2012 di Jakarta. Penggagas idEA terdiri dari 10 perusahaan besar e-commerce Indonesia, yaitu : Berniaga.com, Bhinneka.com, BliBli.com, DealGoing.com, Gramedia.com, Kaskus.us, Multiply.com, Plasa.com, Tokobagus.com dan Tokopedia.com.

Untuk menjadi anggota idEA, toko online disyaratkan menyerahkan data resmi perusahaan seperti KTP penanggungjawab, NPWP, Akta pendirian perusahaan, SIUP perusahaan dan NPWP perusahaan. Selain itu, anggota diwajibkan membayar iuran tahunan dan melakukan konfirmasi verifikasi setiap pekan agar badge idEA tetap aktif di toko online anggota.

Dapat dikatakan, idEA menjadi referensi daftar toko online paling kredibel di Indonesia saat ini. Sayang, pupolaritas idEA masih rendah di kalangan pembeli online sehingga belum banyak yang mengetahui.

https://idea.or.id/badge/7961291047
Contoh badge idEA yang di miliki situs tokotenun.com. Bila di klik, link akan mengarah ke halaman web milik idEA. Data yang di muat diantaranya nama anggota, tanggal terdaftar dan alamat toko online anggota.


Polisi Online
Meski namanya polisi online namun situs ini tidak ada hubungannya dengan Kepolisian Republik Indonesia. Dalam webnya, Polisionline.com menjelaskan keberadaannya sebagai sarana berbagi informasi toko online yang sesungguhnya dengan toko online fiktif.

Domain Polisionline.com terdaftar tanggal 20 Februari 2013. Oleh pengelola, situs ini digunaan pula untuk bisnis dengan menyediakan jasa rekening bersama atas nama Erwan Saputra, penggunaan badge berbayar dengan label "Terjamin Aman, Jaminan Uang kembali", serta menerima pemasangan iklan di web.

http://www.polisionline.com/2014/01/tokotenuncom-toko-online-terpercaya-100.html
Contoh badge standar Polisionline berlabel "Toko ini Terpercaya". Bika di klik, akan mengarah ke link halaman milik polisionline.com. Halaman tersebut memuat screenshoot toko online yang diulas, data dan alasan toko online dikategorikan sebagai toko terpercaya.

Polisi Internet
Polisiinternet.com yang domainnya teregister 16 Juli 2013 secara konsep hampir sama dengan polisionline.com. Menyediakan informasi toko online, menawarkan badge berbayar dan menawarkan iklan di web.

Sayangnya, desain grafis dan tampilan web terkesan asal membuat situs ini tampak tidak meyakinan sebagai sumber referensi.

http://www.polisiinternet.com/2014/01/tokotenuncom-toko-online-terpercaya.html
Contoh badge Polisiinternet yang mengarah ke link halaman Polisiinternet.com





Tokowiki
http://tokowiki.com/produk/toko-tenun-toko-kain-online-terpercaya/
Domain situs Tokowiki teregister 13September 2014. Tidak banyak keterangan di situs ini tentang keberadaan dan layanannya. Hanya tersedia data tentang toko online yang diulas.

Pada halaman yang memuat toko online ulasan, termuat screenshoot, data toko termasuk alamat, nomor kontak, dan barang dagangan. Hal baru yang diulas adalah data aktivitas sebuah toko online di jejaring sosial.


Previous Post
Next Post

0 komentar: